Waspada!!! Hipotiroid Dapat Membahayakan Tubuh

>> Thursday, May 5, 2011



Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan ulasan singkat mengenai tiroid dalam tubuh.
Kali ini, saya akan mencoba mengulas beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh perubahan tingkah laku tiroid.

Sebagaimana yang telah saya bahas, tiroid dalam kadar tertentu memang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi jika kondisinya tidak stabil justru akan mengganggu kesehatan tubuh kita, salah satu gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh tiroid adalah Hipotiroid.

Hipotiroid adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh produksi hormon tiroid yang rendah atau abnormal. Ada banyak gangguan yang berakibat pada hipotiroid. Gangguan ini mungkin langsung atau tidak langsung melibatkan kelenjar tiroid. Karena hormon tiroid mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan banyak proses-proses sel, hormon tiroid yang tidak memadai mempunyai konsekwensi yang meluas untuk tubuh.

Cukup mengagetkan bukan... :)
Mari kita telusuri lebih jauh,
Sebelum melanjutkan hipotiroid mari kita telusuri dahulu dari bagian tiroid,
Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid bertempat pada bagian bawah leher, dibawah Adam's apple. Kelenjar membungkus sekeliling saluran udara (trachea) dan mempunyai suatu bentuk yang menyerupai kupu-kupu yang dibentuk oleh dua sayap (lobes) dan dilekatkan oleh suatu bagian tengah (isthmus).

Kelenjar tiroid mengambil yodium dari darah (yang kebanyakan datang dari makanan-makanan seperti seafood, roti, dan garam) dan menggunakannya untuk memproduksi hormon-hormon tiroid. Dua hormon tiroid yang paling penting adalah thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3) mewakili 99.9% dan 0.1% dari masing-masing hormon tiroid. Hormon yang paling aktif secara biologi (contohnya, efek yang paling besar pada tubuh) sebenarnya adalah T3. Sekali dilepas dari kelenjar tiroid kedalam darah, suatu jumlah yang besar dari T4 dirubah ke T3 - hormon yang lebih aktif yang mempengaruhi metabolisme sel-sel.
Bagaimana menurut anda...??? :)
Sekarang kita telusuri bagian tubuh mana saja yang mengatur kelenjar tiroid ini,

Tiroid sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak, disebut pituitari. Pada gilirannya, pituitari diatur sebagian oleh hormon tiroid yang beredar dalam darah (suatu efek umpan balik dari hormon tiroid pada kelenjar pituitari) dan sebagian oleh kelenjar lain yang disebut hipothalamus, juga suatu bagian dari otak.

Hipothalamus melepaskan suatu hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mengirim sebuah signal ke pituitari untuk melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH). Pada gilirannya, TSH mengirim sebuah signal ke tiroid untuk melepas hormon-hormon tiroid. Jika aktivitas yang berlebihan dari yang mana saja dari tiga kelenjar-kelenjar ini terjadi, suatu jumlah hormon-hormon tiroid yang berlebihan dapat dihasilkan, dengan demikian berakibat pada hipertiroid.

Setelah kita mengenali tiroid dan karakteristiknya, sekarang baru kita telusuri beberapa kemungkinan yang diakibatkan oleh kondisi tirodi jika dalam keadaan tidak stabil.
Angka atau kecepatan produksi hormon tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari. Jika tidak ada cukup jumlah hormon tiroid yang beredar dalam tubuh untuk mengizinkan fungsi yang normal, pelepasan TSH ditingkatkan oleh pituitari dalam suatu usahanya untuk menstimulasi tiroid untuk memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Sebaliknya, ketika ada suatu jumlah berlebihan dari hormon tiroid yang beredar, pelepasan TSH dikurangi ketika pituitari mencoba untuk mengurangi produksi hormon tiroid.

Berdasarkan penelusuran tersebut, maka mengontrol kondisi tiroid dalam tubuh menjadi suatu kebutuhan.
Cobalah konsumsi suplement herbal yang bisa mengontrol kondisi tiroid dalam tubuh anda.
Salah satunya yaitu thypro, anda bisa mencobanya secara gratis melalui blog ini. Silahkan klik gambar disamping.

Baca Juga Artikel Lainnya



0 komentar:

Post a Comment

Komentar Anda Kebanggaan Untuk Kami

@ 2009-2011 all right reserved kisundamedal. Merupakan bagian dari Dedencakra Line Group.

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP