Gangguan Kesehatan Hipertiroid Dalam Tubuh

>> Tuesday, May 10, 2011



Jika sebelumnya saya telah membahas mengenai gangguan fungsi tiroid dalam tubuh berupa Hipotiroid, yaitu : suatu kondisi yang diakibatkan oleh produksi hormon tiroid yang rendah atau abnormal. Ada banyak gangguan yang berakibat pada hipotiroid.

Gangguan ini mungkin langsung atau tidak langsung melibatkan kelenjar tiroid. 

Karena hormon tiroid mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan banyak proses-proses sel, hormon tiroid yang tidak memadai mempunyai konsekwensi yang meluas untuk tubuh.

Maka pada posting kali ini saya akan membahas gangguan fungsi tirodi yang lain yang merupakan kebalikan dari Hipotiroid yaitu Hipertiroid.

Jika Hipotiroid terjadi akibat aktifitas hormon tirodi yang terlalu rendah, justru Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana suatu kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan menghasilkan jumlah hormon tiroid berlebihan yang beredar dalam darah. Pada beberapa pembahasan Hipertiroid seringkali disebut dengan istilah Thyrotoxicosis dengan sedikit perbedaan definisi.
Thyrotoxicosis adalah suatu kondisi keracunan yang disebabkan oleh kelebihan hormon-hormon tiroid dari penyebab mana saja, atau produksi hormon-hormon tiroid yang berlebihan oleh kelenjar tiroid.

Kedua istilah tersebut sering dipergunakan oleh para dokter ketika memberikan penjelasan terhadap pasiennya. Anda dapat menggunakan istilah mana saja karena tujuan dan kondisinya tetap sama.
Namun istilah Hipertirodi lebih populer dikalangan masyarakat.

Terlepas dari perbedaan penggunaan istilah, yang jelas kondisi-kondisi tersebut sangat merugikan kesehatan tubuh kita.

Baik itu Hipotiroid yang terlalu lamban memproduksi hormon tiroid, atau
Hipertiroid yang terlalu cepat dan terlalu banyak memproduksi hormon.

Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya anda mengkonsumsi suplemen herbal yang dapat membantu mengontrol fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh anda.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya



0 komentar:

Post a Comment

Komentar Anda Kebanggaan Untuk Kami

@ 2009-2011 all right reserved kisundamedal. Merupakan bagian dari Dedencakra Line Group.

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP