Tips dan Trik Cara menampilkan kode HTML di Postingan

>> Friday, July 1, 2011



Sebuah browser merupakan aplikasi yang menterjemahkan kode-kode HTML menjadi bentuk lain seperti gambar, vidio, atau tulisan.

Jika anda sedang posting di sebuah blog atau sedang menulis email, sebenarnya anda sedang menuliskan kode-kode HTML yang nantinya akan diterjemahkan kembali oleh browser, walaupun tidak semuanya menjadi kode hehehe....!!!

Logikanya, tanpa sentuhan cantik, jika sebuah script yang berisi kode-kode HTML di letakan di dalam postingan maka yang akan muncul di browser bukan kode-kode tersebut karena telah diterjemahkan.
Tapi, sebagai seorang blogger terkadang kita juga membutuhkan kode-kode tersebut ditampilkan apa adanya. Hal ini dibutuhkan ketika kita sedang berbagi tutor, tips atau trik dengan rekan lain, yang tentunya melibatkan kode-kode HTML.

Untuk blog yang berbasis blogger atau blogspot, trik yang saya temukan ada 2 cara.
Pertama; Memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada blogger.
1) Ketika anda sedang posting, silahkan klik Post Opsion
2) Pilih Tunjukkan HTML apa adanya.
3) Selesai.

Kelemahan cara ini anda tidak bisa menampilkan dua kode dengan bentuk yang berbeda. Maksudnya begini, jika anda meletakan dua buah kode html, yang satu anda maksudkan sebagai "kodenya" dan yang kedua anda maksudkan sebagai "contoh hasilnya". Maka hasil yang terlihat akan tetap sama yaitu kode.

Kedua; Memanfaatkan jasa layanan situs lain.
Silahkan pilih salah satu layanan situs-situ berikut, gratis

www.eblogtemplates.com; Caranya; copy-paste kode HTML yang ingin anda tampilkan sebagai "kode" di blog pada form yang tersedia, lalu klik “Convert Code” dan tunggu sampai proses selesai. Kode tersebut telah siap diparse dalam postingan anda tanpa takut berubah. :)
www.blogcrowds.com; Langkahnya hampir sama dengan di atas, copy paste kode HTML anda dan masukan pada form yang tersedia, lalu klik “PARSE” dan tunggu sampai proses selesai.

www.centricle.com; Langkahnya sama juga dengan di atas, copy paste kode HTML anda dan masukan pada form yang tersedia, lalu klik “ENCODE”, dan tunggu hingga selesai.

www.accessify.com; Langkahnya masih tetap hampir sama dengan di atas, copy paste kode HTML anda dan masukan pada form yang tersedia, lalu klik “Convert to Escape Characters” dan tunggu hingga selesai.

Hahaha...!!! ada yang lucu dengan postingan saya...
apakah anda tahu....????

Baca Juga Artikel Lainnya



0 komentar:

Post a Comment

Komentar Anda Kebanggaan Untuk Kami

@ 2009-2011 all right reserved kisundamedal. Merupakan bagian dari Dedencakra Line Group.

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP